Thursday, January 21, 2016

Gitar Akustik Yamaha Atau Cort?

Banyak teman-teman sekitar yang mempartanyakan "gw beli Gitar akustik apa ya? Cort atau Yamaha?" Nah disini saya akan coba ulas Gitar apa yang cocok sebagai Your First Guitar. Walaupun disini gue engga cuma nyinggung dua merk yang saya sebut diatas.

1. Yamaha APX
Merupakan gitar yang sangat populer dan lagi banyak yang make juga. gitar ini enteng dan ukurannya juga gak jumbo, pas buat lo yang punya badan skinny ala ala boyband. :p . Karakter gitar lebih ke tone High. Jadi nyaring dan garing pas di genjreng. Kisaran harga 1,7jt - 2,2jt (tergantung toko)

2. Yamaha F310
Gitar yang menurut gw "oldskool"  melegenda, dan banyak juga yang punya. Yamaha F310 juga punya adik yang hampir serupa yakni Yamaha F315. Dengan body nya yang jumbo, cocok buat lo yang berbadan tinggi dan agak gemuk. Karakternya Mid, asik buat main Ballad. Kisaran harga terakhir liat di toko musik di Jakarta sudah diatas 2jt (yang akustik elektrik). Tapi gitar ini juga punya kelemahan. Preamp bawaanya menurut gw ngga asik banget, perlu di upgrade. jadi segera ganti preampnya dengan (saran aja) Fishman / Bellcat.

3. Cort
Cj5x, Salah satu alternatif juga kalo yang menganggap kalo gitar-gitar yang sebelumnya diatas terlalu mainstream. karakternya mid-hi. Gak beda jauh kaya Yamaha APX. Kisaran harga 1,7 - 2,2jt.

Nah kita udah liat gitar apa aja yang "mumpuni" terutama buat kalian yang baru mulai ngeband. biar ngga malu-maluin juga ketika dipanggung. Tapi banyak juga yang menganggap kalo gitar Yamaha dan Cort itu masih agak mahal buat kantong-kantong pelajar dan mahasiswa.

Kira-kira ada alternatif lain? Jelas ada! Beberapa gitar kelas menengah kebawah seperti Caraya, Anderson, dan Legacy menurut gue cukup mumpuni dan gak malu-maluin dibawa naek panggung. Khusus Legacy (karena itu gitar gue sekarang) juga ngga bisa dibilang murahan. Terbukti setiap manggung para pengguna gitar akustik Cort selalu penasaran sama Gitar yang gw pake. Karena ngga percaya untuk gitar murah sekelas Legacy bisa menghasilkan suara kaya gitu.

Kisaran harga gitar Caraya, Anderson, dan Legacy ada di 1,2 - 1,7 Jt. itu yang sudah Akustik Elektrik ya..

Jadi pesan gue, jangan sampai salah milih gitar. Pilih gitar pabrikan yang berkualitas, jangan tergiur sama gitar murah yang harganya engga beda jauh , tapi ujung-ujungnya cepet rusak.. hahahahaha




No comments:

Post a Comment